Assalamu’alaykum…

Hmmm, artikel terkait kristologi lagi…yah, karena saya tersinggung akibat ulah cecunguk kuffar yang menghina nabi dan teladan kami, Muhammad, Hamba dan Rasul Allah, yang kami cintai, yang mereka tuduh sebagai Antikristus atau semacam Dajjal lah…tp apakah tuduhan mereka benar?? sesuai keterangan kitab mereka kah?? mari kita ngopi dan bahas masalah ini,…ya ini paste lg siyh, karena dah ada jd ngapain bikin tulisan sendiri, hehehe, tp tentunya sblm itu harus sy pahamilah…

ANTIKRISTUS, Study Kata

* 1 Yohanes 2:18

LAI TERJEMAHAN BARU, Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir.

TR, παιδια εσχατη ωρα εστιν και καθως ηκουσατε οτι ο αντιχριστος ερχεται και νυν αντιχριστοι πολλοι γεγονασιν οθεν γινωσκομεν οτι εσχατη ωρα εστιν

TR Translit. Interlinear, PAIDIA {hai anak-anak kecil} ESKHATE {yang terakhir} HORA {waktu} ESTIN {(ini) adalah} KAI {dan} KATHOS {seperti} ÊKOUSATE {kamu telah dengar} HOTI {bahwa} HO ANTIKHRISTOS {seorang antikristus} ERKHETAI {akan datang} KAI {dan} NUN {sekarang} ANTIKHRISTOI {antikristus-antikristus} POLLOI {banyak} GEGONASIN {telah bangkit} HOTHEN {dari (tanda) itu} GINÔSKOMEN {kami tahu} HOTI {bahwa} ESKHATÊ {yang terakhir} HÔRA {waktu} ESTIN {(ini) adalah}

* ALKITAB SHELLABEAR, Hai anak-anakkoe, inilah achir zaman; dan seperti kamoe dengar bahwa seorang lawan al-Masih akan datang kelak, maka sekarang poen telah banjak lawan al-Masih; dari sebab itoe kita mengetahoei bahwa inilah achir zaman.

* ALKITAB TERDJEMAHAN LAMA, Hai anak-anakku, achir zaman telah sampai; dan sebagaimana jang sudah kamu dengar bahwa si Dadjal akan datang kelak, maka sekarang ini pun ada banjak ‘Dadjal’; dengan djalan itu kita mengetahui bahwa inilah achir zaman.

* KING JAMES VERSION, Little children, it is the last time: and as ye have heard that antichrist shall come, even now are there many antichrists; whereby we know that it is the last time.

* NEW INTERNATIONAL VERSION, Dear children, this is the last hour; and as you have heard that the antichrist is coming, even now many antichrists have come. This is how we know it is the last hour.

* THE ORTHODOX JEWISH BRIT CHADASHA, Yeladim, it is the sha’ar ha’achronah, and as you heard that Anti-Moshiach is coming, even now many Anti-Moshiachs have come, from which we have da’as that it is the sha’ar ha’achronah.”

Kata “Antikristus”, ‘ANTIKHRISTOS’, terdiri atas preposisi ‘ANTI’, melawan, menentang, beroposisi; dan kata ‘KHRISTOS’, “Kristus”, Yang Diurapi, Mesias.

Di samping Antikristus, kita temukan kata-kata lain yang mirip yaitu PSEUDOKHRISTOS, “Kristus palsu”.

* Matius 24:24

Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.

TR, εγερθησονται γαρ ψευδοχριστοι και ψευδοπροφηται και δωσουσιν σημεια μεγαλα και τερατα ωστε πλανησαι ει δυνατον και τους εκλεκτους

TR Translit. Interlinear, EGERTHESONTAI {akan muncul} GAR {sebab} PSEUDOKHRISTOI {mesias-mesias palsu} KAI {dan} PSEUDOPROPHETAI {nabi-nabi palsu} KAI {dan} DOSOUSIN {mereka akan memberikan} SEMEIA {tanda-tanda (yang heran)} MEGALA {besar} KAI {dan} TERATA {keajaiban-keajaiban} HOSTE {sehingga} PLANESAI {menyesatkan} EI {jika} DUNATON {mungkin} KAI {juga} TOUS {orang-orang} EKLEKTOUS {yang dipilih}

“Kristus palsu”, ‘PSEUDOKHRISTOS’, adalah seseorang yang berpura-pura menjadi Kristus, menyatakan dirinya sebagai Kristus.

“Antikristus”, ‘ANTIKHRISTOS’, adalah seseorang yang berlawanan, membentuk oposisi, menentang Kristus, bahkan menyatakan bahwa tidak ada Kristus.

Istilah antikristus terdapat hanya dalam surat-surat Yohanes, tapi pemikiran di belakangnya luas sekali.

* 1 Yohanes 2:22

“Siapakah pendusta itu? Bukankah dia yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus? Dia itu adalah antikristus, yaitu dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak.

TIS ESTIN HO PSEUSTES EI ME HO ARNOUMENOS HOTI IESOUS OUK ESTIN HO KHRISTOS HOUTOS ESTIN HO ANTIKHRISTOS HO ARNOUMENOS TON PATERA KAI TON HUION

* 1 Yohanes 4:3

“dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.

KAI PAN PNEUMA HO ME HOMOLOGEI TON IESOUN KHRISTON EN SARKI ELELUTHOTA EK TOU THEOU OUK ESTIN KAI TOUTO ESTIN TO TOU ANTIKHRISTOU HO AKEKOATE HOTI ERKHETAI KAI NUN EN TO KOSMO ESTIN EDE

* 2 Yohanes 7

” Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus.”

HOTI POLLOI PLANOI EISELTHON EIS TON KOSMON HOI ME HOMOLOGOUNTES IESOUN KHRISTON ERKHOMENON EN SARKI HOUTOS ESTIN HO PLANOS KAI HO ANTIKHRISTOS”

Kata ‘ANTI’ menandakan perlawanan, bukan melulu tuntuntan palsu; antikristus menentang Kristus, bukan menuntut dirinya adalah Kristus. Sebab jika demikian halnya, maka kita dapat masukkan di bawah judul antikristus beberapa bagian Perjanjian lama, seperti Daniel 7:7, dan ayat-ayat berikutnya, 7:21 dan ayat-ayat berikutnya, serta bagian-bagian 2 Tesalonika dan Wahyu, yang semuanya mengenai perlawanan habis-habisan dari semua kekuatan jahat yang akan dihadapi pada hari-hari akhir.

* Daniel 7:25

Ia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi, dan akan menganiaya orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi; ia berusaha untuk mengubah waktu dan hukum, dan mereka akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.

UMILÎN LETSAD ‘ILÂYÂ’ YEMALIL ÛLEQADÎSYÊY ‘ELEYÔNÎN YEVALÊ’ VEYISEBAR LEHASYENÂYÂH ZIMENÎN VEDÂT VEYITEYAHAVÛN BÎDÊH ‘AD-‘IDÂN VE’IDÂNÎN ÛFELAG ‘IDÂN (bahasa Aram)”

Pengertian ini menurut Yohanes sudah dikenal (dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, 1 Yohanes 2:18).

Meskipun ia tidak membantah bahwa pada akhir zaman akan muncul suatu makhluk jahat yang dinamakan antikristus, namun Yohanes berkeras bahwa ada ciri khas antikristus, dan bahwa itu memang sudah ada. Ia berbicara mengenai “banyak antikristus yang telah bangkit”. Ia menjelaskan arti istilah antikristus dengan mengatakan “dia itu adalah antikristus, yang menyangkal baik Bapa maupun Anak” (1 Yohanes 2:22). Hal itu menjadi lebih jelas dalam 1 Yohanes 4:3 dan 2 Yohanes 7, di mana penyangkalan yang dimaksud dipertajam menjadi “menyangkal bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia.”

Asasi bagi Yohanes bahwa dalam Yesus kristus, Allah telah bertindak untuk keselamatan manusia (1 Yohanes 4:9, dan seterusnya). Bila manusia menyangkal ini, maka bukan saja ia salah dalam nalar ajaran itu, tapi ia telah merusak asas iman Kristen. Ia melakukan pekerjaan Iblis dengan menentang pekerjaan Allah. Pada akhir zaman penentangan inilah pekerjaan khusus dari suatu penjelmaan kejahatan yang dahsyat. Mereka kini sedikitnya berbuat hal yang sama, dan dengan demikian menunjukkan bahwa mereka adalah kaki tangan Iblis.

* 2 Tesalonika 2:3

Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa,

ME TIS HUMAS EXAPATESE KATA MEDENA TROPON HOTI EAN ME ELTHE HE APOSTASIA PROTON KAI APOKALUPHTHE HO ANTHROPOS TES HAMARTIAS HO HUIOS TES APOLEIAS”

Paulus tidak memakai istilah antikristus, tapi menulis dalam 2 Tesalonika 2:3 dan ayat-ayat berikutnya mengenai “manusia durhaka” (‘HO ANTHROPOS TES HAMARTIAS, “manusia dosa”), yang jelas menunjuk kepada makhluk yang sama.

Ciri khas makhluk itu ialah “ia melawan dan meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah”, dan menyatakan dirinya sebagai Allah. Ia bukan Iblis, tapi kedatangannya adalah upaya Iblis. Masih ada kesulitan dalam ayat-ayat ini yang belum jelas, khususnya soal siapakah manusia durhaka itu, masih diperdebatkan. Tapi untuk tujuan kita, ajarannya cukup jelas. Paulus memikirkan usaha Iblis yang paling dahsyat, bukan pada masa lampau, tapi pada waktu yang akan datang. Ia memikirkan bukan dunia yang lambat-laun berkembang menjadi sempurna, tapi dunia dalam mana kejahatan terus meningkat hingga akhir zaman. Lalu nanti kejahatan akan melancarkan perlawanannya yang paling dahsyat terhadap kebajikan. Penentangan ini akan dipimpin oleh suatu makhluk aneh yang kekuatannya dari Iblis, yang merupakan alat Iblis dalam kemuncak penentangannya terhadap Allah. Paulus yakin apa yang akan terjadi. Kristus akan membunuh pendurhaka “dengan nafas mulut-Nya”.

Penentangan Iblis yang dahsyat dan terakhir akan dibasmi sampai tuntas.

Itulah sekurang-kurangnya arti dari beberapa gambaran dalam kitab Wahyu. Hampir semua pakar yang menalar kitab ini sependapat, bahwa beberapa dari penglihatan dalam Wahyu menunjuk kepada perjuangan akhir dari kekuatan-kekuatan jahat menentang Kristus. Kadang-kadang perlambangan itu dengan terus-terang menunjuk kepada Iblis. Justru “naga merah yang besar” disamakan dengan Iblis.

* Wahyu 12:3

“Maka tampaklah suatu tanda yang lain di langit; dan lihatlah, seekor naga merah padam yang besar, berkepala tujuh dan bertanduk sepuluh, dan di atas kepalanya ada tujuh mahkota.”

“KAI ÔPHTHÊ ALLO SÊMEION EN TÔ OURANÔ KAI IDOU DRAKÔN MEGAS PURROS EKHÔN KEPHALAS HEPTA KAI KERATA DEKA KAI EPI TAS KEPHALAS AUTOU DIADÊMATA HEPTA”

Tapi binatang itu dalam Wahyu 11:7 bukanlah Iblis, meskipun erat hubungannya dengan Iblis, seperti diperlihatkan oleh pekerjaannya.

* Wahyu 11:7

“Dan apabila mereka telah menyelesaikan kesaksian mereka, maka binatang yang muncul dari jurang maut, akan memerangi mereka dan mengalahkan serta membunuh mereka.”

Makhluk-makhluk lain yang serupa muncul mula. Tidak ada maksud untuk menyamakan salah satu dari makhluk itu dengan antikristus, tapi hanya untuk menjelaskan bahwa kitab Wahyu juga mengetahui tentang makhluk pada akhir zaman yang diberi kuasa oleh Iblis, untuk menentang Kristus. Hal ini dapat dikatakan ciri khas pandangan Kristen tentang hari-hari akhir.

SIAPAKAH ANTI KRISTUS?

Sepanjang zaman, beraneka ragam penafsiran dan tuduhan yang ditujukan kepada seseorang bahwa yang bersangkutan adalah Antikristus, terkadang dengan menghitung angka 666 dari namanya.

* Wahyu 13:18

“Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam.”

HÔDE HÊ SOPHIA ESTIN HO EKHÔN TON NOUN PSÊPHISATÔ TON ARITHMON TOU THÊRIOU ARITHMOS GAR ANTHRÔPOU ESTIN KAI HO ARITHMOS AUTOU KH-X-S”

Menggunakan aksara Ibrani:

[1] KAISAR NERO (NERÔN QÊSAR), NÛN (50) + RÊSY (200) + VÂV (6) + NÛN (50) + QÔF (100) + SÂMEKH (60) + RÊSY (200), JUMLAH 666

[2] ROMA (RÔMÎT), RÊSY (200) + VÂV (6) + MÊM (40) + YÔD (10) + YÔD (10) + TÂV (400), JUMLAH 666

[3] ROMA (ROMANÛS), RÊSY (200) + MÊM (40) + ‘AYIN (70) + NÛN (50) + VÂV (6) + SYÎN (300), JUMLAH 666

[4] LUTHER (LÛLTHER), LÂMED (30) + VÂV (6) + LÂMED (30) + TÂV (400) + RÊSY (200), JUMLAH 666

Menggunakan angka Romawi:

[5] DIOCLES AUGUSTUS, D (500) + C (100) + L (50) + X (10) + V (5) + I (6), JUMLAH 666

[6] C.F. JULIANUS CEASAR ATHEUS, D (500) + C (100) + L (50) + X (10) + V (5) + I (6), JUMLAH 666

Menggunakan huruf Yunani :

[7] LAMPETIS, lambda’ (30) + alpha (1) + mu’ (40) + phi’ (80) + epsilon (5) + tau’ (300) + iota (10) + sigma’ (200), JUMLAH 666

[8] KERAJAAN LATIN, HÊ LATINÊ BASILEIA, 8 + 30 + 1 + 300 + 10 + 50 + 8 + 2 + 1 + 200 + 10 + 30 + 5 + 10 + 1 = 666

[9] GEREJA ITALIA, ITALIKA EKKLÊSIA, 10 + 300 + 1 + 30 + 10 + 20 + 1 + 5 + 20 + 20 + 30 + 8 + 200 + 10 + 1 = 666

[10] THE APOSTATES, APOSTATÊS, 1 + 80 + 70 + 6 + 1 + 300 + 8 + 200 = 666

Ada yang menghubungkan nama Muhammad dengan 666 menggunakan huruf Yunani:

MUHAMMAD, mu’ (40) + upsilon’ (400) + H (tidak ada dalam aksara Yunani, 140) + alpha’ (1) + mu’ (40) + mu’ (40) + alpha’ (1) + delta’ (4), jumlah 666

[size=24]Menghubungkan MUHAMMAD dengan bilangan 666 dari aksara Yunani adalah tindakan yang mengada-ada karena aksara Yunani tidak memiliki h, yang ada hanyalah ê, eta, dengan nilai 8, bukan 140. [/size]

Bilangan 140 dalam aksara Yunani adalah RHÔ-MU dengan aksen di sebelah kiri bukan huruf H Latin.

Muhammad bukan antikristus karena ia tidak pernah melawan Kristus, Mesias atau Al-Masih. Muhammad mengakui bahwa Yesus adalah Kristus, meskipun menyangkal keilahian-Nya.

Antikristus justru berasal dari kalangan Kristen, tetapi tidak sungguh-sungguh termasuk orang beriman:

* 1 Yohanes 2:19

Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita.

EX HÊMÔN EXÊLTHON ALL OUK ÊSAN EX HÊMÔN EI GAR ÊSAN EX HÊMÔN MEMENÊKEISAN AN METH HÊMÔN ALL HINA PHANERÔTHÔSIN HOTI OUK EISIN PANTES EX HÊMÔN”

Antikristus akan muncul pada akhir zaman dan pada saat Yesus Kristus datang kedua kalinya, sang Antikristus ini akan dimusnahkan.

* 2 Tesalonika 2:8

pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulut-Nya dan akan memusnahkannya, kalau Ia datang kembali.

KAI TOTE APOKALUPHTHÊSETAI HO ANOMOS HON HO KURIOS ANALÔSEI TÔ PNEUMATI TOU STOMATOS AUTOU KAI KATARGÊSEI TÊ EPIPHANEIA TÊS PAROUSIAS AUTOU”

Terakhir, Antikristus di samping melawan Kristus, terang-terangan mau menyatakan diri sebagai Allah.

* 2 Tesalonika 2:4

yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah.

HO ANTIKEIMENOS KAI HUPERAIROMENOS EPI PANTA LEGOMENON THEON Ê SEBASMA HÔSTE AUTON EIS TON NAON TOU THEOU HÔS THEON KATHISAI APODEIKNUNTA HEAUTON HOTI ESTIN THEOS”

Artikel terkait :

666, di :

<!– m –>

http://www.sarapanpagi.org/viewtopic.php?p=546#546

<!– m –>

Sumber : Yohannes/ Biblika

sekian, semoga bermanfaat…………………….