Assalamu’alaykum wr. wb..

Allah telah menurunkan Al-Qur’an sebagai obat dan Rahmat bagi orang mukmin (Al Israak 82). Dengan mentadabburi ayat Qur’an tertentu anda bisa memperbaiki karakter dan kepribadian anda hingga sesuai dengan ahlak Qur’ani sesuai dengan tuntunan Rasulullah. Berikut ini kami sampaikan beberapa ayat Qur’an untuk ditadabburi dalam bentuk audio (suara) dan tulisan hingga dapat dihafal dan dilakukan sendiri dirumah.

Audio bisa anda dengar sambil melihat tulisan arab (Qur’an) maupun bacaan tadabburnya,bisa juga anda dengarkan tanpa melihat tulisannya. Silahkan mana yang anda rasakan lebih baik. Usahakan ketika mendengar bacaan Qur’an maupun tadabburnya fikiran dan perasaan fokus pada bacaan yang anda dengar. Usahakan fikiran dan perasaan anda khusuk mengikuti makna dari bacaan tersebut. Jika anda bisa menghayati bacaan tersebut dengan khusuk , anda akan merasakan getaran yang kuat didada anda , kadang kala timbul dorongan kuat untuk menangis. Biarkan air mata anda bercucuran , biarkan perasaan anda terbawa hanyut dalam bacaan tadabbur tersebut, setiap tetes air mata yang mengalir akan menghapuskan dosa anda.

Ikuti do’a yang dipanjatkan dalam bacaan tadabbur dengan khusuk dan sungguh sungguh, insya Allah anda akan mendapatkan berkah dari do’a tersebut. Orang beriman dan telah  memiliki perasaan yang peka dapat merasakan betapa beratnya ayat yang dibaca tersebut, mereka akan tersungkur sujud seraya menangis sebagaimana disebutkan dalam surat Al-Israak ayat 107-109

107- Katakanlah: “Berimanlah kamu kepadanya atau tidak usah beriman (sama saja bagi Allah). Sesungguhnya orang-orang yang diberi pengetahuan sebelumnya apabila Al Qur’an dibacakan kepada mereka, mereka menyungkur atas muka mereka sambil bersujud, (108) dan mereka berkata: “Maha Suci Tuhan kami; sesungguhnya janji Tuhan kami pasti dipenuhi”.(109) Dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyuk.

Jika anda belum merasakan getaran yang kuat didada anda , teruslah berusaha hingga hati anda menjadi lembut. Hati anda tentu tidak sekeras batu, atau gunung , tingkatkan konsentrasi anda hingga hati anda mencair. Gunung yang demikian besar akan hancur dan terbelah tatkala dibacakankan padaNya ayat Al-Qur’an sebagaimana disebutkan dalam surat al Hasyr 21 :

21- Kalau sekiranya Kami menurunkan Al Qur’an ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan takut kepada Allah. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka berpikir. (Al Hasy 21)

Selama hati anda masih keras , membeku dan tidak tergetar dengan bacaan ayat Qur’an tersebut , anda belum  akan merasakan efek dan kenikmatan yang nyata dari bacaan tadabbur ini. Ulang terus , pusatkan perasaan dan fikiran , hingga anda bisa merasakan getaran didada . Getaran yang lemah didada anda jika diulang terus insya Allah akan menjadi getaran yang kuat.

Berikut ini kami sampaikan tadabbur surat Al A’raaf 179  untuk membuka mata hati ,penglihatan dan pendengaran untuk memahami ayat Allah dan melembutkan hati untuk selalu ingat dan bertakwa padaNya  .

Tadabbur surat Al A’raaf 179

179- Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk isi neraka Jahanam kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.(Al A’raaf 179)

Kalimat tadabbur Qur’an

Ya Allah telah Kau ingatkan pada kami didalam Qur’anMu yang agung, bahwa Engkau telah menjadikan bagi neraka jahanam kebanyakan dari golongan jin dan manusia, karena mereka mempunyai hati namun tidak digunakannya untuk memahami ayat ayatMu. Mereka mempunyai mata namun tidak digunakannya untuk melihat tanda kebesaranMu, Mereka mempunyai telinga namun tidak digunakannya untuk mendengarkan firmanMu. Mereka itu bagai binatang ternak bahkan lebih sesat dari itu, mereka itulah orang orang yang lalai…….ya Allah kami mohon padaMu , bukakan hati kami untuk memahami ayat ayatMU,bukakan hati kami untuk menerima hidayah dan bimbinganMU,  bukakan mata kami untuk melihat tanda tanda kebesaranMu dilangit dan bumi, tolong kami untuk mencintai mendengarkan Qur’anMu, tolong kami untuk mencintai mendengar nasihat nasihatMu. Jangan kau butakan mata kami,dari melihat tanda kebesaraMU,  jangan kau tulikan telinga kami dari melihat dan mendengarkan  firmanMu. Jangan Kau jadikan kami seperti binatang ternak dan jangan Kau

masukan kami kedalam golongan orang yang sesat. Jangan Kau seret kami kedalam api nerakaMu yang panas membakar akibat kelalaian kami ya Allah. Maafkan kami, ampuni kami , tuntun kami , selamatkan kami dari siksaMu ,  Perkenankanlah permohonan kami ini ya Allah.

 

Manfaatnya:

  • Dilapangkan dadanya untuk menerima Islam , iman dan takwa
  • Dibukakan matanya untuk mampu melihat tanda kebesaran Allah di alam semesta
  • Dibukakan telinganya untuk mencintai mendengar ayat Qur’an dan nasihat keagamaan
  • Terhindar dari kesesatan dan kelalaian dari mengingat Allah
  • Diselamatkan dari azab dan siksan  neraka jahanam.

Selesai membaca kalimat tadabbur dilanjutkan kembali membaca istighfar dan asmaulhusna seperti pada awal tadabbur. Asmaulhusna bisa tetap dimulai dengan ya Rahman…atau dilanjutkan dengan kelompok asmaulhusna berikutnya yang dimulai dengan  Allah…ya Aziz dst. Kemudian dilanjutkan dengan membaca ayat tadabbur lainnya tergantung kebutuhan .

Tadabbur Qur’an bisa dijadikan terapi untuk mengatasi berbagai masalah kehidupan duniawi seperti kegundahan, kesedihan, bisa juga untuk memberi motivasi dalam meraih sukses dan kemenangan, membuka pintu rezeki, meraih kekuatan dan kekuasaan, mendapatkan kebahagiaan dan kenyamanan hidup. TadabburQur’an ini bisa dilakukan seorang diri atau secara berjama’ah

Tadabbur Qur’an juga membuka mata hati untuk mempersiapkan diri menghadapi  kehidupan akhirat kelak . Tadabbur Qur’an menyiapkan  setiap orang untuk menghadapi kedahsyatan hari Kiamat, hari berbangkit, padang mahsyar, hari berhisab dan hari pembalasan. Dengan melakukan tadabbur Qur’an setiap hari insya Allah akan memberi ketenangan , kekuatan dan semangat dalam menjalani kehidupan dunia . Tadabbur Qur’an menyiapkan seseorang untuk  menghadapi berbagai hal dimasa yang akan datang, insya Allah akan mendapat kebaikan hidup didunia dan akhirat.

Untuk menambah kekhusukan dan meningkatkan konsentrasi anda sebaiknya sebelum mendengarkan bacaan tadabbur Qur’an anda membaca ta’awudz, basmalah serta kalimat istighfar dan asmaulhusna sebagai berikut :

A’UDZUBILLAHI MINASYAITHOONIR ROJIIM

BISMILLAHI ROHMANI ROHIIM

ASTAGHFIRULLAH ROBBAL BAROYAA
kami mohon ampun kepada Allah Tuhan manusia

 ASTAGFIRULLAH MINAL KHOTOOYAA
Kami mohon ampun kepada Allah dari  semua dosa kami

ALLAH….. YA RAHMAN
ALLAH YANG MAHA PENGASIH

ALLAH ……YA RAHIIM
ALLAH YANG MAHA PENYAYANG

ALLAH…… YA MALIK
ALLAH YANG MAHA MERAJAI

ALLAH …..YA QUDDUS
ALLAH YANG MAHA SUCI

ALLAH ……YA SALAM
ALLAH YANG MAHA SELAMAT

ALLAH …..YA MU’MIN
ALLAH YANG MEMBERI KEAMANAN

ALLAH….YA MUHAYMIN
ALLAH MAULANA
ALLAH YANG MEMELIHARA
ALLAH PENOLONG KAMI

ASTAGHFIRULLAH ROBBAL BAROYAA
 kami mohon ampun kepada Allah Tuhan manusia

 ASTAGFIRULLAH MINAL KHOTOOYAA
Kami mohon ampun kepada Allah dari  semua dosa kam