Posisi Tangan Untuk CrunchesYa, Untuk satu latihan crunch sebenarnya ada macam-macam posisi tangan yang akan menentukan seberapa berat latihan anda. Jika anda bertanya-tanya selama ini posisi tangan dari crunch kok berbeda-beda ditiap artikel, maka jawabannya bisa ditemukan disini. Kelebihan dan kekurangannya akan dijelaskan juga agar membantu anda mengerti mana yang sebaiknya anda gunakan. Ini adalah patokan mudahnya, semakin jauh posisi tangan dari pusar maka semakin berat latihan anda karena posisi beban tubuh anda semakin jauh dari pusat.

Posisi Crunch 1

Posisi 1: Tangan pada paha
Ketika posisi tidur, letakkan tangan pada paha. Kemudian saat badan naik, tangan ikut tertekuk pada siku. Tetapi ada juga yang pada saat badan naik, tangan tetap lurus sehingga telapak tangan bergerak maju melewati lutut. Ini adalah posisi yang paling mudah.
Posisi Crunch 2

Posisi 2: Tangan pada dada
Tangan disilangkan didada baik saat posisi tidur maupun posisi duduk.

Posisi 3: Tangan mengepal pada dagu
Kedua telapak tangan mengepal, kemudian menyentuh bagian bawah dagu. Selain sebagai variasi tangan, posisi ini bagus untuk mengunci leher agar tidak ikut bergerak maju yang bisa berisiko cedera. Maksudnya resiko cedera adalah, keluhan yang muncul dari beberapa yang melakukan crunch atau sit up secara salah sehingga yang terasa sakit adalah bagian leher.

Posisi Crunch 3

Posisi 4: Tangan dibelakang kepala
Ini adalah posisi yang sering anda temui. Tangan diletakkan dibelakang kepala dan saling bertautan. Tetapi satu hal yang harus diperhatikan adalah berhati-hati dengan posisi tangan ini. Karena ada kecenderungan orang untuk membantu gerakan perutnya dengan tangan. Maksudnya, saat badan naik, tangan itu mengangkat dengan cara mendorong kepala ke depan. Hal ini berbahaya, karena bisa mengakibatkan leher cedera. Karena itu pada posisi berikutnya ada alternatif yang lebih aman.
Posisi 6

Posisi 5: Tangan dibelakang telinga
Untuk gerakan crunch yang cukup berat, anda bisa meletakkan tangan anda dibelakang telinga. Bisa dengan memegang daun telinga atau hanya menempelkan telapak tangan dibelakang telinga. Posisi ini setara dengan posisi tangan dibelakang kepala, tapi lebih aman bagi leher.
Posisi Crunch 4

Posisi 6: Tangan Satu dibelakang kepala, tangan satu lurus
Posisi ini jelas lebih berat dari posisi 4 dan 5. Meluruskan tangan akan membuat beban bagi otot perut lebih berat. Tetapi karena masih satu tangan, dan yang lainnya masih dibelakang kepala, maka gerakannya masih lebih mudah dibandingkan posisi 7.
Posisi Crunch 5

Posisi 7: Kedua Tangan Lurus
Posisi paling berat. Jika anda tidak punya pelat barbell untuk dipegang, maka posisi ini bisa menggantikannya sebagai pemberat crunch. Dengan ini otot perut akan terlatih lebih berat dan bisa tumbuh lebih besar.
Salam Bugar!

SUMBER: http://www.akubugar.com/index.php?option=com_content&view=article&id=233:7-posisi-tangan-untuk-crunches&catid=40:latihan-olahraga&Itemid=3