Bismillahirrahmanirrahim

Hasil gambar untuk eight

Assalaamu’alaykum warahmatullahi wabarakaatuh

Berikut fakta angka 8 dari berbagai sumber yang kami coba rangkum: Tanggal 8 Juli, adalah hari lahir sang penulis (pemilik akun ini Galih AdiRangga Saputra)

  1. Dianggap sebagai angka keberuntungan dalam budaya Tiongkok karena kedengarannya seperti kata yang berarti untuk menghasilkan kekayaan (發(T) 发 (S); Pinyin: FA). Properti dengan jumlah 8 sangat dihargai di Tiongkok. Misalnya, plat nomor Hong Kong dengan jumlah 8 digit dijual untuk $ 640.000. Upacara pembukaan Olimpiade di Beijing dimulai pada puku 08.08.08 (waktu setempat) pada tanggal 8 Agustus 2008.
    Hasil gambar untuk eight in Mandarin ba
  2. Delapan (八 hachi, ya?) juga dianggap sebagai angka keberuntungan di Jepang, tapi alasannya berbeda dari budaya Tiongkok. Delapan memberikan gambaran tentang tumbuh makmur, karena huruf itu (八) memperluas secara bertahap. Angka delapan (や ya?) sebagai nomor suci di zaman Jepang kuno. Alasannya adalah kurang dipahami dengan baik, tetapi diduga bahwa hal itu berkaitan dengan fakta bahwa mereka menggunakan angka delapan untuk mengekspresikan jumlah besar samar-samar seperti berlipat ganda (や え は た え Yae Hatae?) (harfiah, delapan kali lipat dan dua puluh kali), banyak awan (や く もYakumo?) (harfiah, delapan awan), jutaan dan jutaan Dewa (や お よ ろ ず の か み Yaoyorozu no Kami?) (harfiah, delapan jutaan Dewa), dll
    Hasil gambar untuk eight in Japanese
  3. Jika menurut primbon Indonesia angka 8 justru punya arti sebaliknya, angka 8: angka yang janggal dan sukar.
  4. Dalam numerologi , angka 8 adalah angka bangunan , dan dalam beberapa teori , juga angka kerusakan .
  5. Delapan adalah salah satu dari 3 bilangan yang bila ditulis terbalik tapi bentuknya tetap sama. Angka yang lain adalah 0 dan 1.
  6. Hanya ada delapan arah mata angin yang berlaku universal, yang terdiri dari Utara, Selatan, Barat, Timur, Tenggara, Timur laut, Barat daya, Barat laut

Dalam astrologi ,

  1. Scorpio adalah tanda astrologi 8 dari Zodiac .
  2. Pada Abad Pertengahan , 8 adalah angka bintang ” tak bergerak ” di langit , dan melambangkan kesempurnaan energi planet yang masuk .

Musik

  1. Ada delapan not dalam skala oktatonis . Hanya ada delapan tangga nada yang berlaku universal (do, re, mi, fa, so, la, si, do)

Kesehatan

  1. Pakar kesehatan berujar minum air putih minimal 8 gelas setiap hari adalah anjuran yang ideal untuk agar terhindar dari dehidrasi, dan membantu metabolisme tubuh.
  2. Ada delapan jenis vitamin B sangat berperan penting dalam metabolisme tubuh.

Biologi, Kesehatan

  1. Delapan kaki hanya dimiliki oleh laba-laba, kalajengking, dan gurita. Tentu bisa kurang/lebih dari 8 jika mereka mengalami rekayasa genetik atau cedera.
  2. Pada usia kehamilan 8 bulan, janin tumbuh dengan sanat aktif, terutama pada otaknya. Karenanya, untuk memaksimalkan pertumbuhan otak, sangat disarakan untuk ibu mengkonsumsi suplemen dan makanan bergizi, terutama yang mengandung omega. Janin akan tumbuh setidaknya satu kilo sebelum akhir periode ini. Bentuk badan janin yang semaking besar membuatnya tidak leluasa bergerak, karenanya pada masa 8 bulan, janin cenderung untuk lebih tenang. Paru-paru janin masih berkembang, tetapi seluruh badan dan organ sudah tumbuh dengan maksimal. Mata janin sudah berfungsi, membuatnya dapat melihat fokus dan bahkan berkedip. Ibu bahkan bisa mengenali kapan si janin tidur dan bangun. Ari-ari (plasenta) Janin dibalut dengan cairan seperti gelatin, jadi walaupun ia bergerak, ari-arinya tidak akan membelit. Ukuran janin pada periode ini sekitar 12 inci dan beratnya mencapai sekita 2.5 kg. 3. Banyak sekali tanda kehamilan 8 bulan yang dirasakan ibu. Beberapa keluhan yang dirasakan ibu pasa masa ini adalah kelelahan, sembelit, sakit punggung, cairan yg keluar dari kelenjar sus, gusi berdarah dan tekanan pada kandung kemih. Ibu juga akan mengalami payudara yang membengkak, kram kaki, sesak nafas, pembengkakan dan lain sebagainya. Sangat penting untuk ibu mengikuti senam atau bebrapa terapi untuk menangani rasa sakit dan mempersiapkan kehamilan pada kehamilan 8 bulan.
  3. Pada anak usia delapan tahun otak kiri bagian luarnya berkembang dengan pesat. Pelajaran matematika sudah boleh dijejali kepada mereka. Perhatiannya terhadap sekitarnya sudah mulai meluas. Mereka sudah menunjukan keinginan berkuasa dan mengendalikan keadaan. Mereka sudah pandai menetapkan prioritas, sudah mahir membuat langkah-langkah sistematis, dan sudah muncul ketrampilan mengorganisasi dirinya dan teman-temannya. Jika mereka brmain sepakbola mereka sudah pandai mengatur strategi. Bahkan jika menonton bola bersama bapaknya ditelevisi, mereka sudah bisa menganalisa permainan dalam skala yang sederhana. Pelajaran computer sudah sangat berguna bagi mereka. Ciri-ciri perkembangan anak usia 8 tahun Fisik • Bergerak cepat, berkerja dengan tergesa-gesa • Penuh dengan energi • Perlu pelepasan energi secara fisik (kegiatan di luar ruangan) • Kadang sedikit aneh • Rentang kosentrasi terbatas • Memiliki pandagan dekat dan jauh sama kuat Sosial • Persifat sangat baik, penuh dengan humor • Suka berkerjasama • Sering “menggigit lebih dari yang bisa dikunyah” salah dalam memperkirakan kemampuan mereka. • Resisten (bertahan); membuat alasan dengan cepat ketika membuat kesalahan • Lebih suka kegiatan yang sama dengan teman sejenis • Bermasalah dengan atauran dan batasan-batasan • Kelompok pertemanan lebih banyak dari usia 7 Bahasa • Bicara aktif • Mendengarkan tapi penuh dengan gagasan sehingga tidak dapat selalu ingat apa yang telah dikatakannya • Melebih-lebihkan dalam bicara • Suka dalam menjelaskan gagasan • Perluasan kosa kata yang sangat cepat Kognisi • Suka kegiatan kelompok • Suka menghasilkan sesuatu • Sering berkerja dengan keras/kuat • Mulai mahir dalam ketrampilan dasar • Mulai merasakan kemampuan ketrampilannya. • Bertambah bagus dalam melakukan operasi kongkrit Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada orang tua ataupun gurunya sangat kritis. Mereka sudah memiliki kemandirian untuk mengelola segala sesuatu yang berkaitan dengan keperluan dirinya.

Komputer dan teknologi

  1. Delapan adalah dasar sistem bilangan okta yang sangat terkait dengan komputer.
  2. Ada delapan bit dalam byte, (1 byte = 8 bits)
  3. Angka delapan ditulis dalam tanda kurung adalah kode untuk not musik di Windows Live MessengerDalam kebanyakan telpon, tombol 8 juga merupakan tombol T, U, dan V, akan tetapi pada BlackBerry adalah tombol untuk B, N, dan X.

Matematika

  1. Angka delapan sangat unik dalam matematika. Coba kita hitung penjumlahan dengan angka 8 berikut, dan hasilnya sungguh amazing: 1 x 8 + 1 = 9 12 x 8 + 2 = 98 123 x 8 + 3 = 987 1234 x 8 + 4 = 9876 12345 x 8 + 5 = 98765 123456 x 8 + 6 = 987654 1234567 x 8 + 7 = 9876543 12345678 x 8 + 8 = 98765432 123456789 x 8 + 9 = 987654321
  2. Menurut Penanggalan Jawa, yang dirombak dan disempurnakan oleh Sultan Agung, raja Kesultanan Mataram, satu windu terdiri dari delapan tahun dengan nama-tahun: Alip, Ehe, Jimawal, Je, Dal, Be, Wawu, dan Jimakir.

Permainan/olah raga dan seni

  1. Dalam catur, setiap sisi memiliki delapan bidak, dan papan terbuat dari 64 kotak diatur dalam delapan dengan delapan kisi.
  2. Dalam bisbol scorekeeping , Fielder pusat ditetapkan sebagai nomor 8 .
  3. Dalam rugby , satu-satunya posisi tanpa nama yang tepat adalah Nomor 8 , posisi depan .
  4. Ada delapan puluh delapan (88) tombol pada piano.

Agama dan Mitologi

Hasil gambar untuk eight in arabic thamaniya
  1. Surah kedelapan dalam Al-Qur’an Al-Karim, kitab suci umat Islam adalah Surah Al-Anfal yang artinya “Rampasan Perang” Surah 8 (Al Anfal ) ayat 8 berbunyi: “agar Allah menetapkan yang hak (Islam) dan membatalkan yang batil (syirik) walaupun orang-orang yang berdosa (musyrik) itu tidak menyukainya.” Surah 8 (Al Anfal) ayat 88: “Mengapakah kamu tidak memerangi orang-orang yang merusak sumpah (janjinya), Padahal mereka telah keras kemauannya untuk mengusir Rasul dan merekalah yang pertama mulai memerangi kamu?. Mengapakah kamu takut kepada mereka Padahal Allah-lah yang berhak untuk kamu takuti, jika kamu benar-benar orang yang beriman.” Surah 88 (Al Ghaasyiyah):Menceritakan tentang hari pembalasan.
  2. Ada Delapan Bab al-Jannah (Pintu Surga) Dari Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia berkata, “Surga memiliki delapan buah pintu. Di antara pintu tersebut ada yang dinamakan pintu Ar Rayyan yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa.” (HR. Bukhari no. 3257) Pintu lainnya adalah pintu untuk orang-orang yang rajin mengerjakan shalat, pintu untuk yang rajin bersedekah, pintu untuk para mujahid. Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa beliau pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang berinfak dengan sepasang hartanya di jalan Allah maka ia akan dipanggil dari pintu-pintu surga, ‘Hai hamba Allah, inilah kebaikan.’ Maka orang yang termasuk golongan ahli shalat maka ia akan dipanggil dari pintu shalat. Orang yang termasuk golongan ahli jihad akan dipanggil dari pintu jihad. Orang yang termasuk golongan ahli puasa akan dipanggil dari pintu Ar-Rayyan. Dan orang yang termasuk golongan ahli sedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” Ketika mendengar hadits ini Abu Bakar pun bertanya, “Ayah dan ibuku sebagai penebus Anda wahai Rasulullah, kesulitan apa lagi yang perlu dikhawatirkan oleh orang yang dipanggil dari pintu-pintu itu. Mungkinkah ada orang yang dipanggil dari semua pintu tersebut?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun menjawab, “Iya ada. Dan aku berharap kamu termasuk golongan mereka.” (HR. Bukhari no. 1897, 3666 dan Muslim no. 1027) Sedangkan pintu kelima adalah pintu Al-Ayman. Dari Abu Hurairah, dalam hadits tentang syafaat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dikatakan, ِ “Wahai Muhammad, suruhlah umatmu (yaitu) orang-orang yang tidak dihisab untuk masuk ke dalam surga melalui pintu Al-Ayman yang merupakan di antara pintu-pintu surga. Sedangkan pintu-pintu yang lain adalah pintu surga bagi semua orang.” (HR. Bukhari no. 3340, 3361, 4712 dan Muslim no. 194) Nama pintu keenam adalah Al-Kazhimina Al-Ghaizha wa Al-Afina ‘an An-Naas (mudah menahan amarah dan memaafkan orang lain) terdapat dalam hadits dari Rawh bin ‘Ubadah, dari Asy’ats, dari Al-Hasan Al-Bashri secara mursal, “Sesungguhnya Allah memiliki sebuah pintu di surga, tidaklah yang masuk melaluinya kecuali orang-orang yang memaafkan kezaliman.” (Diriwayatkan oleh Ahmad. Lihat Fath Al-Bari, 7: 28). Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Al-Qadhi berkata, pintu-pintu surga lainnya disebutkan dalam hadits lain yaitu pintu taubat, pintu Al-Kazhimina Al-Ghaizha wa Al-Afina ‘an An-Naas, Pintu Ridha. Inilah jadinya ada tujuh pintu yang ada dalam berbagai hadits. Sedangkan 70.000 orang yang masuk surga tanpa hisab akan masuk melalui pintu Al-Ayman. Itulah pintu kedelapan.” (Syarh Shahih Muslim, 7: 106-107) Ibnu Hajar rahimahullah menyatakan, “Dalam hadits disebutkan ada empat pintu surga. Di awal-awal bab jihad sudah diterangkan pula bahwa pintu surga itu ada delapan. Rukun Islam yang tersisa adalah haji, tentu ada pintu khusus untuk orang yang berhaji. Itulah pintu kelima. Adapun tiga pintu lainnya, ada di situ pintu Al-Kazhimina Al-Ghaizha wa Al-Afina ‘an An-Naas terdapat dalam riwayat Imam Ahmad, dari Rawh bin ‘Ubadah dari Asy’ats, dari Al-Hasan Al-Bashri secara mursal, “Sesungguhnya Allah memiliki sebuah pintu di surga, tidaklah yang masuk melaluinya kecuali orang-orang yang memaafkan kezaliman.” Ada juga pintu Al-Ayman (pintu ketujuh), yaitu pintu orang yang bertawakkal pada Allah yang masuk dalam surga tanpa hisab dan tanpa siksa. Adapun pintu kedelapan adalah Pintu Dzikir sebagaimana yang diisyaratkan dalam riwayat Tirmidzi. Bisa jadi pula adalah Pintu Ilmu. Wallahu a’lam.” (Fath Al-Bari, 7: 28)
  3. Bulan kedelapan dalam kalender Hijriyah adalah bulan Sya’ban Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Bulan Sya’ban, ada di antara bulan Rajab dan Ramadhan, banyak manusia yang melalaikannya. Saat itu amal manusia diangkat, maka aku suka jika amalku diangkat ketika aku sedang puasa.� (HR. An-Nasai, 1/322 dalam kitab Al-Amali. Status hadits: Hasan (baik). Lihat As-Silsilah Ash-Shahihah No. 1898. Lihat juga Tamamul Minnah Hal. 412. Dar Ar Rayyah) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Allah Taala menampakkan diri-Nya kepada hamba-Nya pada malam nishfu Sya�ban, maka Dia mengampuni bagi seluruh hamba-Nya, kecuali orang yang musyrik atau pendengki.� (Hadits ini Diriwayatkan oleh banyak sahabat nabi, satu sama lain saling menguatkan, yakni oleh Muadz bin Jabal, Abu Tsa�labah Al-Khusyani, Abdullah bin Amr, �Auf bin Malik, dan �Aisyah. Lihat Syaikh Al-Albani, As-Silsilah Ash Shahihah, 3/135, No. 1144. Darul Ma�arif. Juga kitab beliau Shahih Al-Jami� Ash Shaghir wa Ziyadatuhu, 2/785. Al-Maktab Al-Islami. Namun, dalam kitab Tahqiq Misykah Al-Mashabih, justru Syaikh Al-Albani mendhaifkan hadits ini, Lihat No. 1306, tetapi yang lebih kuat adalah shahih karena banyaknya jalur periwayatan yang saling menguatkan)
  4. Jumlah rakaat maksimal shalat dhuha adalah delapan rakaat. Pendapat ini dipilih oleh Madzhab Maliki, Syafi’i, dan Hambali. Dalil yang digunakan madzhab ini adalah hadis Umi Hani’ radhiallaahu ‘anha, bahwasanya Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam memasuki rumahnya ketika fathu Mekah dan Beliau shalat delapan rakaat. (HR. Bukhari, no.1176 dan Muslim, no.719).
  5. Ada delapan golongan yang berhak menerima zakat Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk (1) orang-orang fakir, (2) orang-orang miskin, (3) pengurus-pengurus zakat, (4) para muallaf yang dibujuk hatinya, (5) untuk (memerdekaan) budak, (6) orang yang berhutang, (7) untuk jalan Allah dan (8) orang-orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai sesuatu ketetapan yang diwajibkan Allah. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana.” [At-Taubah: 60]
  6. Ada delapan Malaikat Hamalatul Arsy di Hari Akhir “Dan malaikat-malaikat berada di penjuru-penjuru langit. Dan pada hari itu delapan orang malaikat menjunjung ‘Arsy Rabbmu di atas (kepala) mereka.” [Qur’an Surah Al-Haaqah/69:17]
  7. Ada delapan puasa sunnah dalam Islam yakni, a. Puasa Senin Kamis. b. Puasa tiga hari tiap bulan. c. Puasa Nabi Daud (hari ini puasa, besok tidak, lusa puasa, besoknya lagi tidak dst) d. Puasa di bulan Sya’ban e. Puasa enam hari di bulan Syawwal f. Puasa di awal bulan Dzulhijjah g. Puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah h. Puasa Asyura pada tanggal 10 Muharram, sebelumnya dianjurkan berpuasa tasu’a pada tanggal 9 Muharram, atau berpuasa tanggal 10 diikuti puasa pada tanggal 11 Muharram, atau berpuasa pada tanggal 9, 10, dan 11 Muharram.
  8. Imam kedelapan dari Syi’ah Imamiyah duabelas adalah Ali bin Musa al-Ridha adalah putra Imam Ketujuh yang lahir pada tahun 148 Hijriah. Dalam Bahasa Persia, ia sering dipanggil dengan nama Imam Reza dan dijuluki dengan panggilan Abu al-Hasan. Ia hidup pada masa berkuasanya tiga orang Khalifah Bani Abbasiyah yaitu Harun al-Rasyid, al-Amin dan al-Ma’mun dan diangkat oleh al-Ma’mun menjadi putra mahkota kekhalifahan di mana hal ini menyebabkan pemberontakan dari keluarga Bani Abbasiyah lainnya terhadap al-Ma’mun.
  9. Khalifah kedelapan umat Islam adalah Mu’awiyah II putera Khalifah Yazid ibn Mu’awiyah ibn Abu Sufyan (November 683 – 684)
  10. Khalifah kedelapan Dinasti Umayyah adalah Umar II putera Abd al-Aziz ibn Marwan (September 717 – Februari 720)
  11. Khalifah kedelapan Dinasti Abbasiyah adalah Khalifah al-Mu’tashim Abu Ishaq Muhammad putera Khalifah Harun al-Rasyid (9 Agustus 833 – 5 Januari 842)
  12. Khalifah kedelapan Dinasti Fatimiyah adalah Al-Mustansir Billah (1036–1094)
  13. Khalifah kedelapan Dinasti Utsmaniyah adalah Osman II ( 26 Februari 1618 – 19 Mei 1622 )
  14. Syahansyah kedelapan Dinasti Shafawi adalah Sulaiman I (1 November 1666- 29 Juli 1694)
  15. Kaisar kedelapan Dinasti Mughal adalah Jahandar Syah Ma’az-ud-Din Jahandar Syah Bahadur (27 Februari 1712-11 Februari 1713)
    Hasil gambar untuk eight in hebrew numeral
  16. Ritual khitan Yahudi yang dikenal dengan istilah “brit milah” dilakukan pada bayi laki-laki berumur delapan hari. (Kej 17:12; Flp 3:5)
  17. Festival Kenisah atau Hanukkah atau juga sering disebut Penahbisan Bait Allah dirayakan di Yerusalem yang berlangsung selama delapan hari yang dimulai pada tanggal 25 Kislev dalam kalender Ibrani. Perayaan ini dirayakan bersamaan dengan masa Adven atau bahkan dengan hari raya Natal sehingga sering disebut secara keliru sebagai Natal Yahudi. Pesta ini dirayakan sebagai peringatan Yudas Makabe yang menyucikan dan membangun kembali Kenisah yang sudah dirusak oleh lawan mereka
  18. Shemini Atzeret (Ibrani: “Hari Kedelapan Persekutuan Khidmat”) adalah hari yang menutupi perayaan tujuh hari raya Sukkot (Hari Raya Pondok Daun).
  19. Dalam Alkitab, ada delapan orang yang selamat dari air bah pada zaman Nuh (1 Pet 3:20) dan mereka memulai generasi yang baru.
  20. Perayaan Shavuot atau Hari raya Pondok Daun (Tabernakel) berlangsung selama 7 hari, sesudah itu, pada hari kedelapan mereka harus mengadakan pertemuan kudus dan mempersembahkan korban api-apian kepada Tuhan (Im 23:36).
  21. Penderita kusta ditahirkan pada hari kedelapan untuk memulai kehidupan yang baru menurut Hukum Taurat menurut keyakinan Yahudi (Im 14:10, 23).
  22. Dalam Alkitab, pada penglihatan Yehezkiel tentang Bait Suci, imam mempersembahkan korban pada hari kedelapan (Yeh 43:27).
  23. Dalam kepercayaan Kristen, Yesus bangkit pada hari kedelapan, atau hari Minggu. Daud adalah anak kedelapan dari Isai yang memulai suatu pemerintahan yang baru bagi Israel (1 Sam 16:10-11).
  24. Antikristus adalah raja kedelapan menurut Kitab Wahyu dalam Perjanjian Baru umat Kristen.
  25. Asta Siddhi adalah delapan ajaran kerohanian untuk tercapainya kesempurnaan hidup baik lahir maupun batin. Ajaran ini akan berguna sekali bagi umat Hindu. Kedelapan ajaran kerohanian dimaksud adalah : a. Dana artinya dermawan atau senang memberikan bantuan kepada orang yang memerlukan. b. Adnyana artinya rajin mempelajari ilmu spiritual atau ajaran kerohanian atau ajaran tentang ketuhanan. c. Sabda artinya dapat mendengar wahyu Tuhan. Kemampuan ini diperoleh setelah berhasil melalui berbagai tahapan Yoga, sehingga seolah-olah telah dapat menyatu dengan Tuhan. d. Tarka artinya dapat memisahkan kebahagiaan dan ketentraman dalam Samadhi. e. Adhyatmika Duhkha artinya dapat mengatasi segala macam gangguan pikiran yang tidak baik. f. Adidaiwika Duhkha artinya dapat mengatasi segala macam penyakit dan kesusahan yang berasal dari hal-hal yang bersifat gaib, termasuk black magic. g. Adibauktika Duhkha artinya dapat mengatasi segala kesusahan yang disebabkan oleh roh halus atau racun. h. Saurdha artinya kemampuan yang setingkat dengan Yogiswara yang telah mencapai kelepasan.
  26. Ada delapan sistem perkawinan dalam agama Hindu menurut kitab Dharmasastra: a. Brahma wiwaha, adalah pemberian anak wanita kepada seorang pria yang ahli weda dan berperilaku baik setelah menghormati yang diundang sendiri oleh ayah wanita (Manawa Dharmasastra III.27) b. Daiwa wiwaha, adalah pemeberian anak wanita kepada pendeta yang melaksanakan upacara atau yang telah berjasa (Manawa Dharmasastra III.28) c. Arsa wiwaha, adalah perkawinan yang dilakukan setelah wanita mengikuti aturan yakni menerima seekor atau dua pasang lembu dari pihak mempelai laki – laki (Manawa Dharmasastra III.29) d. Prajapati wiwaha, pemberian seorang anak setelah berpesan dengan mantra kamu berdua melaksanakan kewajibanmu bersama dan setelah menunjukkan penghormatan kepada pengantin pria (Manawa Dharmasastra III.30) e. Asura wiwaha, adalah bentuk perkawinan dimana setelah pengantin pria memberikan mas kawin sesuai dengan kemampuan dan didorong oleh keinginannya sendiri kepada si wanita dan ayahnya menerima wanita itu untuk dimiliki (Manawa Dharmasastra III.31) f. Gandharwa wiwaha, adalah bentuk perkawinan suka sama suka antara kedua mempelai (Manawa Dharmasastra III.32) g. Raksasa wiwaha, bentuk perkawinan dengan cara menculik wanita dengan kekerasan (Manawa Dharmasastra III.33) h. Paisaca wiwaha, adalah bentuk perkawinan dengan cara mencuri, memaksa dan membuat bingung atau mabuk (Manawa Dharmasastra III.34
  27. Asta Brata adalah Contoh Kepemimpinan Hindu yang terdapat dalam Itihasa Ramayana. Asta Brata ini merupakan, Delapan Tipe kepemimpinan yang merupakan Delapan Sifat Kemahakuasaan Tuhan. Ajaran ini diberikan Sri Rama kepada Wibhisana sebagai Raja Alengka Pura menggantikan kakaknya Rahwana. Bagian- bagian ajaran Asta Brata sebagai berikut: a Indra Brata = Artinya pemimpin hendaknya mengikuti sifat-sifat Dewa Indra sebagai dewa pemberi hujan, member kesejahtraan kepada rakyat. b. Yama Brata = Artinya pemimpin hendaknya mengikuti sifat-sifat Dewa Yama yaitu menciptakan hukum, menegakkan hukum dan memberikan hukuman secara adil kepada setiap orang yang bersalah. c. Surya Brata = Hendaknya pemimpin memberikan penerangan secara adil dan merata kepada seluruh rakyat yang dipimpinnya serta selalu berbuat berhati-hati seperti matahari sangat berhati-hati dalam menyerap air. d. Candra Brata = Pemimpin hendaknya selalu dapat memperlihatkan wajah yang tenang dan berseri-seri sehingga masyarakat yang dipimpinnya merasa yakin akan kebesaran jiwa dari pemimpinnya. e. Bayu Brata = Pemimpin hendaknya selalu dapat mengetahui dan menyelidiki keadaan serta kehendak yang sebenarnya terutama keadaan masyarakat yang hidupnya paling menderita f. Kuwera Brata = Pemimpin hendaknya harus bijaksana mempergunakan dana atau uang serta selalu ada hasrat untuk mensejahtrakan masyarakat dan tidak menjadi pemboros yang akirnya dapat merugikan Negara dan Masyarakat. g. Baruna Brata =Pemimpin hendaknya dapat memberantas segala bentuk penyakit yang berkembang di masyarakat , seperti pengangguran, kenakalan remaja, pencurian dan pengacau keamanan Negara. h. Agni Brata = Pemimpin harus memiliki sifat-sifat selalu dapat memotivasi tumbuhnya sifat ksatria dan semangat yang berkobar dalam menundukkan musuh-musuhnya.
    Hasil gambar untuk eight in sanskrit numeral
  28. Ada delapan Wasu, delapan dewa yang mewakili unsur-unsur alam yang dipimpin oleh Dewa Indra. a. Dalam Brihadaranyaka, mereka adalah (1) Agni-Api, (2) Prithwi-Bumi, (3) Wayu-Angin, (4) Antariksha-Atmosfir, (5) Aditya-Abadi nama umum: Surya, (6) Dyaus-Langit (7) Chandra-Bulan, (8) Nakstrani-Bintang-bintang (kadang disebut Dhruwa-bintang kutub). Mereka berkata bahwa mereka dikutuk Resi Wasistha sehingga mereka harus lahir di bumi. b. Dalam Mahabharata, mereka adalah (1) Anala-Kehidupan (juga disebut Agni), (2) Dhara- Dukungan (3) Anila-Angin, (4) Aha- Meresapi (5) Pratyusa- Pra-fajar”, yaitu senja pagi, tetapi sering digunakan hanya berarti “cahaya” (6) Prabhasa- Bersinar fajar (7) Soma- Tanaman (8) Dhruwa- Bergerak/bintang kutub
  29. Dalam Rigveda, ada tujuh dewa putera Aditi a. Varuna b. Mitra c. Aryaman d. Bhaga e. Anśa or Aṃśa f. Dhatri g. Indra h. (Mārtanda) Āditya kedelapan (Mārtanda) ditolak oleh Aditi, sehingga meninggalkan hanya tujuh putera. Dalam Yajurveda (Taittirīya Samhita), jumlah mereka delapam, dan yang terakhir dipercaya menjadi Vivasvān.
  30. Simbol Buddha yakni Dharmacakra, adalah sebuah roda berjari-jari delapan yang menyimbolkan Jalan Mulia Berunsur Delapan (Ariya Atthangika Magga). 29. Dalam Dhammacakkappavattana Sutta; Samyutta Nikaya 56.11 {S 5.420}, Guru Buddha mengajarkan Empat Kebenaran Ariya (Cattari Ariya Saccani) kepada Lima Bhikkhu Pertama (Panca Vaggiya Bhikkhu), yang di dalamnya terdapat Jalan yang Menuju Terhentinya Dukkha. Jalan itu disebut dengan Jalan Mulia Berunsur Delapan (Ariya Atthangiko Magga). Di dalam Jalan ini mengandung unsur sila (kemoralan), samadhi (konsentrasi), dan panna (kebijaksanaan)
  31. Dalam Buddha aliran Mahayana, cabang-cabang Delapan Jalan diwujudkan oleh Delapan Besar Bodhisattva: (Manjusri, Vajrapani, Avalokitesvara, Maitreya, Ksitigarbha, Nivaranavishkambhi, Akasagarbha, dan Samantabhadra)
  32. Secara umum, ‘delapan’ tampaknya menjadi nomor keberuntungan bagi umat Buddha, misalnya, ‘delapan simbol keberuntungan’ yakni: a. Dhug (The Parasol/Payung) Dhug adalah simbol dari martabat kerajaan dan perlidungan. Dikenal sebagai Chatrra dalam bahasa Sanskerta. Ini disimbolkan untuk menjaga makhluk dari bahaya seperti penyakit, kekuatan berbahaya dan hambatan-hambatan dan sebagainya. b. Ser-Nya (The Golden Fish/Ikan Emas) Gabungan dari dua Ser-Nya (Ikan Emas) menandakan inti dari pengetahuan dan kebijaksanaan, yang mana meningkatkan pemahaman tentang sifat sejati c. Bumpa (The Treasure Vase/Vas Harta) Bumpa mewakili bentuk tenggorokan Buddha. Dikatakan bahwa Bumpa diisi dengan nektar keabadian dan perhiasan berharga, sehingga Vah Harta ini yang tak habis-habisnya dianggap sangat suci. d. Padama (The Lotus/Teratai) Padma tumbuh di kolam lumpur tetapi tumbuh mekar sangat indah dengan harum aromatik walau ada partikel lumpur kecil di atasnya, ini melambangkan kemungkinan ysng dimiliki makhluk hidup untuk terbebas dari penderitaan dan menjadi seorang yang tersadarkan melalui terlahirnya di lumpur tersebut eperti terlahir di alam samsara. e. Dungkar Aykhil (The Right-coiled White Conch/ Keong putih yang melingkar ke kanan) Dungkar Aykhil, keong putih yang melingkar ke kanan digunakan sebagai terompet, lambang ketenaran, otoritas dan kedaulatan. Melambangkan Gigi Suci Buddha, dan suara melodi yang dihasilkan dari keong tersebut disimbolkan sebagai ajaran dharma, yang mana membangkitkan makhluk hidup dari ketidaktahuan (kebodohan) dan membujuk mereka menuju jalan perbuatan mulia yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lainnya. f. Palbheu (The Endless Knot/Simpul tak berujung) Palbheu adalah sebuah ilustrasi geometrik, yang mana melambangkan sifat realitas yang mana semua saling terkait dan hanya keberadaan karma dan akibatnya g. Gyaltshen (The Banner of Victory/Panji Kemenangan) Gyaltshen adalah sebuah simbol yang melambangkan kemenangan pencerahan Buddha dan kemenangan doktrin Buddha atas kematian, kebodohan dan semua negativitas di dunia yang fana ini. h. Chokey Khorlo (The Wheel of Dharma/ Roda Dharma) Chokey Khorlo dikenal sebagai Dharma Chakra dalam bahasa Sanskerta. Dikatakan bahwa Dewa Brahma mempersembahkan roda emas ini kepada Buddha dalam hal meminta Buddha memutar roda Dharma di dunia ini demi makhluk hidup.
  33. Dalam kitab Mahaparinibbana Sutta, Sang Buddha pada waktu itu kepada Ananda menjelaskan tentang sebab-sebab terjadinya gempa bumi. Waktu itu Ananda mendekati Sang Buddha lalu duduk pada tempat yang telah disediakan dan kemudian Ananda berkata kepada Sang Buddha : “Bhante, mengherankan dan sangat luar biasa, bumi bergetar begitu hebatnya dan sangat menakutkan. Apakah sebabnya dan alasannya sehingga bumi bergetar ? ”. Mohon kami diberikan penjelasan. Kemudian Sang Buddha berkata : “Ananda, ada delapan alasan sampai terjadinya gempa bumi yang dashyar itu. Apakah delapan sebab itu ? 1. Bumi yang luas ini terbentuk dari zat cair, zat cair terbentuk dari udara dan udara ada di angkasa. Apabila udara bertiup dengan dashyatnya maka zat cair ini menyebabkan bumi bergetar. Inilah sebab pertama timbulnya gempa bumi yang maha dashyat itu. 2. Demikian pula Ananda, apabila seorang pertapa atau brahmana yang memiliki kekuatan bathin yang maha besar, seseorang yang telah memperoleh kekuatan itu untuk mengendalikan pikiran, atau sesosok dewata yang maha kuasa, yang maha tahu mengembangkan pemusatan pikirannya, yang hebat pada unsur bumi ini, dan pada suatu tindakan yang tak terbatas pada unsur zat cair, ia juga dapat mengakibatkan bumi bergetar, goyah serta bergoyang. Inilah sebab yang kedua sampai timbulnya gempa bumi yang maha dashyat. 3. Ananda apabila Sang Boddhisatta turun dari alam Surga Tusita dan masuk melalui rahim(kandungan) seorang ibu dengan penuh kesadaran penuh dan pikiran terpusat. 4. Sang Boddhisatta keluar dari rahim ibunya dengan kesadaran dan pikiran terpusat. 5. Sang Tathagata memperoleh penerangan agung, penerangan agung, penerangan yang sempurna dan tiada bandingannya. 6. Sang Tathagata menggerakan roda Dhamma yang gilang gemilang. 7. Sang Tathagata mengambil keputusan untuk mengakhiri hidupnya. 8. Apabila Sang Tathagata tiba saatnya parinibbana, dimana tiada tersisa suatu unsur keinginan, maka semuanya ini akan menyebabkan bumi yang besar ini bergetar, goyah, dan bergoncang. Inilah delapan sebab musabab bagi terjadinya gempa bumi.
  34. Dalam agama Konghucu, terdapat pengakuan Iman, diantranya ada delapan Pengakuan Iman, yaitu: Sepenuh Iman kepada Tuhan Yang Maha Esa (Cheng Xin Huang Thian), Sepenuh Iman menjunjung Kebajikan (Cheng Juen Jie De), Sepenuh Iman menegakkan Firman Gemilang (Cheng Li Ming Ming), Sepenuh Iman Percaya Adanya Nyawa dan Roh (Cheng Zhi Gui Shen) Sepenuh Iman memupuk Cita Berbakti (Cheng Yang Xiao Shi), Sepenuh Iman mengikuti Genta Rohani Nabi Kongzi (Cheng Shun Mu Duo), Sepenuh Iman memuliakan Kitab Suci Si dan Wu Jing (Cheng Qin Jing Shu), Sepenuh Iman menempuh Jalan Suci (Cheng Xing Da Dao)
  35. Delapan Dewa atau dalam bahasa Mandarin disebut Ba Xian (Hanzi:八仙) berasal dari mitologi Taoisme, dan termasuk dewa dewi terkenal dalam kisah klasik Tionghoa. Mereka adalah simbol keberuntungan bagi masyarakat Tionghoa. Masing-masing dewa mewakili 8 kondisi kehidupan : anak muda, lansia, kemiskinan, kekayaan, rakyat jelata, ningrat, pria dan wanita. Diceritakan bahwa sebagian besar dilahirkan pada zaman dinasti Tang dan dinasti Sung. Walaupun penjelasan mengenai mereka telah ada sejak dinasti Tang, namun pengelompokkan ke dalam kategori delapan dewa baru terjadi pada masa dinasti Ming. Ke delapan dewa tersebut adalah: Zhong Li Quan, Ia memiliki kipas dari daun palem yang dapat membangkitkan orang mati. Li Tie Guai, disimbolkan dengan botol labu dan tongkat besi. Sebentuk asap keluar dari ujung botolnya, melambangkan hun atau jiwanya, yang tidak berbentuk, atau berbentuk miniatur dirinya. Walaupun dikenal pemarah, Li sangat murah hati terhadap kaum miskin, orang sakit dan mereka yang membutuhkan pertolongan. Ia menolong mereka dengan botol cupu labu yang selalu dibawanya. Pada malam hari, ia membuat dirinya sekecil mungkin agar bisa tidur di dalam botol labunya. Lü Dong Bin, lebih dikenal sebagai seorang ilmuwan. Hal ini tampak dari penampilannya yang berwibawa dan terpelajar. Zhang Guo Lao berarti “si tua Zhang Guo” hidup sebagai seorang tabib dan ahli nujum di gunung Tiáo(條山) in di provinsi Heng (恒州 Héngzhōu). Ia senang membuat minuman dari tanaman dan tumbuhan obat He Xian Gu berarti “dewi He”), merupakan salah satu anggota wanita dari Delapan Dewa (ada juga yang menyebut Lan Cai He sebagai wanita). Simbol dari He Xian Gu adalah bunga teratai yang dipercaya dapat mengembalikan kesehatan fisik dan mental seseorang. Ia digambarkan membawa bunga teratai dan sheng(instrumen musik). Acapkali ia juga ditemani seekor burung fenghuang dan membawa serta irus bambu atau tongkat sabutan. Lan Cai He Ia seringkali digambarkan sebagai seorang anak laki-laki namun dalam beberapa naskah maupun cerita, ia juga sering digambarkan sebagai seorang anak perempuan. Satu hal yang menjadi ciri khas-nya tersendiri adalah keranjang bambu penuh dengan bunga. Lan Cai He juga digambarkan sebagai seorang pemulung yang kumal memakai sepatu sebelah (kaki lainnya tidak menggunakan alas kaki) yang membawa kastenyet dengan untaian uang logam Han Xiang Zi adalah seorang filsuf pada masa Dinasti Tang. Ia merupakan salah satu anggota dari Delapan Dewa yang juga adalah sepupu dari Han Wên Kung Cao Guo Jiu sering juga dipanggil dengan sebutan Gongbo (公伯: gōng bó). Cao Guo Jiu adalah adik laki-laki dari ibu salah seorang raja Dinasti Sung
  36. Pa Kua (Ba Gua) adalah delapan diagram atau simbol yang merupakan dasar sistem kosmogoni dan falsafat Tiongkok kuno. Ahli Feng Shui Cina menggunakan Pa Kua untuk memprediksi nasib. Kedelapan simbol trigram melambangkan delapan area hidup yang meliputi: karier, anak, pengetahuan, teman, keluarga, kesejahteraan, popularitas, dan hubungan jodoh. Bidang kesembilan dari Pa Kua terdapat pada bagian tengah oktagon yang dapat diartikan sebagai anda, hidup, dan vitalitas (Taichi).
  37. Feng Shui Delapan Rumah (Ba Zhai Feng Shui) adalah satu sistem Feng Shui yang banyak diketahui orang dan banyak digunakan oleh praktisi Feng Shui terutama di Asia Tenggara. Alasan kenapa sistem Feng Shui ini banyak digunakan oleh para praktisi adalah karena kemudahan dan kesederhanaan metodenya dalam menganalisa efek bangunan terhadap penghuninya. Feng Shui Delapan Rumah muncul pada masa Dinasti Tang (618-907 M) dan menjadi populer di masa Dinasti Song (960-1279 M)
  38. Dalam ajaran Gereja Scientology disebutkan ada delapan dinamika: Dinamika ke-8 INFINITY, biasanya disebut juga Tuhan Dinamika ke-7 SPIRITUAL DYNAMIC- makhluk spiritual beridentitas apapun Dinamika ke-6 PHYSICAL UNIVERSE dengan empat komponen: bahan/kandungan, energi, ruang dan waktu Dinamika ke-5 LIFE FORMS termasuk semua tanaman dan hewan yang hidup Dinamika ke-4 MANKIND (manusia) sebagai sebuah spesies Dinamika ke-3 GROUP SURVIVAL baik teman, klub, jabatan, maupun bangsa atau negara Dinamika ke-2 FAMILY Dinamika ke-1 SELF adalah individu, termasuk tubuh, pikiran dan sesuatu yang dimilikinya. 37. Dalam agama neopaganisme Wicca, ada delapan Sabbat, festival, musim, atau jeruji dalam “Putaran Tahun”. 38. Ongoad adalah delapan dewa purba yang dipuja di Hermopolis selama apa yang disebut Kerajaan Lama , dinasti ketiga sampai keenam , bertanggal antara 2686-2134 SM. Delapan dewa yang diatur dalam empat pasang pria-wanita : Nu dan Naunet , Amun dan Amaunet , Kuk dan Kauket , Huh dan Hauhet . Laki-laki berhubungan dengan katak dan betina berhubungan dengan ular.
    Hasil gambar untuk delapan dalam angka Jawa
  39. Konsep Hasthabrata muncul dalam cerita pewayangan Jawa dengan lakon ‘Iwahyu Makutharama’ yang mengisahkan tentang pemberian wejangan (fatwa) seorang Pandita bernama Wiswamitra yang ditujukan kepada Sri Rama yang akan dinobatkan menjadi raja menggantikan ayahandanya. Konon, ajaran hasthabrata tersebut selalu dipedomani untuk dijadikan fatwa terhadap putra mahkota yang akan dinobatkan menjadi raja-raja Jawa. HASTHABRATA terdiri dari kata hastha yang berarti DELAPAN dan kata brata yang berarti SIFAT BAIK. Dalam beberapa literatur juga disebutkan bahwa delapan sifat alam ini mewakili simbol kearifan dan kebesaran Sang Pencipta, yaitu; sifat Bumi, sifat Matahari, sifat Bulan, sifat Samudra, sifat Bintang, sifat Angin, sifat Api, dan sifat Air. Berikut Delapan Sifat Unggul Pemimpin Sejati: Brata yang pertama adalah SURYA yang berarti matahari. Sifat menerangi yang dimiliki oleh matahari dalam bahasa jawa dimaknai sebagai ‘gawe pepadang marang ruwet rentenging liyan’ yang berarti harus mampu membantu mengatasi kesulitan atau memecahkan problem-problem yang dihadapi oleh anak buahnya. Brata yang kedua adalah BAWANA yang berarti bumi. Bumi diibaratkan sebagai ibu pertiwi. Sebagai ibu pertiwi, bumi memiliki peran sebagai ibu, yang memiliki sifat keibuan, yang harus memelihara dan menjadi pengasuh, pemomong, dan pengayom bagi makhluk yang hidup di bumi. Implementasinya adalah kalau sanggup menjadi pemimpin harus mampu mengayomi dan melindungi anak buahnya. Brata yang ketiga adalah CANDRA yang berarti bulan. Implementasinya bagi pemimpin ialah pemimpin dalam memperlakukan anak buahnya harus dilandasi oleh aspek-aspek sosio-emosional. Pemimpin harus memperhatikan harkat dan mertabat pengikutnya sebagai sesama. Terhadap pengikutnya harus menghormati sebagai sesama manusia. Dalam konsep Jawa hal ini disebut ‘nguwongke’. Brata keempat adalah KARTIKA yang berarti bintang. Bintang dapat menggambarkan dambaan cita-cita, tumpuan harapan, sumber inspirasi. Seorang pemimpin harus memiliki cita-cita yang tinggi, berpandangan jauh kedepan, pemberi arah, sumber inspirasi, dan tumpuan harapan. Brata yang kelima adalah TIRTA yang berarti air. Seorang pemimpin harus mempunyai kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan siapapun termasuk pengikutnya (adaptif). Air selalu mengalir ke bawah, artinya pemimpin harus memperhatikan potensi, kebutuhan dan kepentingan pengikutnya, bukan mengikuti kebutuhan atasannya. Brata yang keenam adalah MARUTA, yang berarti angin. Secara alami angin memiliki sifat menyejukkan, angin membuat segar bagi orang yang kepanasan. Angin sifatnya sangat lembut. Seorang pemimpin harus bisa membuat suasana kepemimpinan sejuk, harmonis, dan menyegarkan. Brata yang ketujuh adalah DAHANA, yang berarti api. Secara alami, api memiliki sifat panas, dan dapat membakar. Seorang pemimpim memiliki sifat pembakar semangat, pengobar semangat, dan memiliki peran sebagai motivator dan inovator bagi pengikutnya. Brata yang kedelapan adalah SAMODRA, yang berarti lautan atau samudra. Pemimpin harus memiliki wawasan yang luas dan dalam, seluas dan sedalam samudra. Samudra juga bersifat menampung seluruh air dan benda-benda yang mengalir kearah laut. Seorang pemimpin harus memiliki sifat menampung semua kebutuhan, kepentingan, dan isi hati dari pengikutnya, serta pemimpin harus bersifat aspiratif.
  40. Tiang-tiang (“Alliri”) rumah adat Bugis-Makassar bentuknya bersegi empat atau bersegi delapan. Tiang bersegi empat berdiri di tengah-tengah disebut “Posi Bola” ( soko guru). Dengan tiang soko-guru ini menjadi pertanda (perlambang) bahwa laki-laki hendaklah bersegi empat (melebihi tiga) . atau laki-laki yang serba bias atau “WoroanE sulapa eppa” . untuk dapat menjelajahi delapan penjuru angin. Segi delapan menggambarkan delapan penjuru angin atau semesta, melambangkan bahwa lelaki orang Bugis-Makassar harus berani bertarung melawan tantangan hidup. Harus berani melawan tantangan dalam bentuk apapun guna kelangsungan hidupnya dan masyarakatnya. Rumah-rumah sekarang bukan lagi merupakan rumah adat oleh karena tiang-tiangnya biasa saja, pada umumnya bersegi empat. Dibekali dengan falsafah inilah, nenek moyang Bugis-Makassar berhasil dan menjadi berjiwa pelaut yang berlayar ke segala penjuru . falsafah ini pula yang dijadikan ajimat untuk berani bertarung demi kehormatannya. Termasuk manifestasi pengertian : masalah SIRIK yang dalam istilah Bugis disebut “sirik naranreng” (artinya : tegakkan kehormatan, bila perlu nyawa dipertaruhkan ).
  41. Masyarakat Bugis-Makassar kuno di Sulawesi Selatan mengarakterisasi kondisi cuaca daerahnya dalam periode delapan tahun. Pengetahuan meteorologi ini ditulis dalam catatan kuno yang disebut Lontara’ dengan menggunakan huruf
    Bugis-Makassar yang tidak lagi banyak orang  ketahui.

    Menurut Lontara’ kondisi meteorologi daerah Sulawesi Selatan dibagi menjadi delapan pola yang disesuaikan dengan kalender Hijriyah yang memiliki periode delapan tahun (Bugis-Makassar: periode Sipariyama)

    Lontara Pananrang

    PANANRANG TASSIPARIAMAE (8 TAHUN)

    1. Taung Alipu : 1 tetti’na = salasa naomporang Muharram, maraja namaponco bosinna, masero lempe’na, biasa malise pattaungenna, jaji buana ase nenniya taneng-tanenge rilalenna tassipariamae. Iyanae taung kaminang masahoro na malise nenniya madeceng pattaungenna. Jaji asseddinna pallontara pappananrangnge iyanaro naripancaji pammulataung rilalenna sipariamae (8 taung).
    2. Taung H : 5 tetti’na = sabtu naomporangnge muharram, lalo tengnga pattaungenna, masero bosinna, makurang sokku biasa taneng-tanengnge, ajung kajung mabbuai, lalo tengngai buana ase (wasesae-singaseri), biasa sawei lasa-lasae, masero kecce’e.
    3. Taung Jim : 3 tetti’na = kammisi naomporang muharram, situju-tuju bosinna, maponco bare’na, lalo tengnga pattaungenna, jaji buana taneng-tanengnge, iyakiya makurang sokku buana wesesae, bettuanna makurang lise’na galungnge, biasa mapella keadaanna rupataue, parellui ritu simata tomatike, nasaba maega anana mate, masempoi balu-balu’e sibawa anu rianre.
    4. Taung Zei : 7 tetti’na = aseneng naomporang muharram, masero bosinna, maraja lempe’na, biasa riengngala riuwae asewe, biasa makkasolang balawoe, lalotengnga buana wesesae (ase), biasato masero lette, tau malasae magattimui paja.
    5. Taung Daleng Riolo : 4 tetti’na = juma’i naomporang muharram, lalo tengnga bosinna, maponco bare’na, jaji buana taneng-tanengnge, biasa masala buana wesesae, biasa masala buana wesesae, iyakkeppaha engka saisana pallontarae masengngi taung makapa namalamung peri’na ripapole wassele’e namasero pellana tikkana, narekko taddapini lamattanetelangi biasa ritu duppai arelle tauwe, jaji buana taneng-tanengnge, maseroto kecce’e, masempo dalle’i pakkere’e.
    6. Taung Ba : 2 tetti’na = araba naomporang muharram, kerengngi kecce’e, bosinna biasa masero ritasi’e sibawa ripottanangnge nenniya lempe’na maseroto. Biasa senna masala wesesae, biasa duppa warelle tauwe, jaji lise’na taneng-taneng makkalolo’e, lalotengnga buana taneng-taneng mallice-lice’e, pella tikkana biasa temmaka serona, maega senna pattellarenna, iyanaritu taung bawang, bali taung, taung barelle, taung balesui (taung makkasolang), de’to namadeceng buana ajung kajungnge (majarang), biasa masempo anu rianre, saweto lasa-lasae.
    7. Taung Wau : 6 tetti’na = aha’i naomporang muharram, biasa masero basinna, maraja lempe’na, masero kecce’e, lalotangnga pattaungengnge (ase) biasa manre balisue, biasa riengngala maruwae ase, saweto lasa-lasae, peddi matae, maega urane makkandang tau mattampu, biasato mapella keadaangnge.
    8. Taung Daleng Rimunri : 4 tetti’na = juma’i naomporang muharram, lalo tengnga pattaungenna, maponco bosinna, madodong anginna, makurang lempe’na, masero tikka’e, jaji buana taneng-tanengnge, anging bare’e biasa ritu maladde akkasolanna, biasa duppa arelle tauwe, narekko mate ului bare’e, wesesae biasa jaji biasa to sala, masempoi dalle’na pakkere’e, biasato masero hawa kecce’e, biasa mapella keadaangnge.
    Hasil gambar untuk LONTARA PANANRANG

Tokoh Kisah Eisaburo Ueno tentang anjingnya Hachiko, kenapa diberi nama hachi – hachiko?, sebelumnya saya juga tidak mengerti apa itu arti Hachiko, ternyata artinya delapan, anda bisa mengetik karakter “delapan” disini, dan hasilnya seperti ini: < Hachi > < Delapan > < Hachihon > < Delapan batang > < Hachikagetsu > < Delapan bulan > < Hachinenkan > < Delapan tahun > < Hachinin > < Delapan orang > < Hakkai > < Delapan kali > ternyata Eisaburo Ueno mempercayai angka delapan, anjing Akita Inu miliknya yang diberi nama Hachiko benar-benar menjadi delapan (baca: terkenal). Walapun pada ahirnya menjadi anjing yang sepi dan menyedihkan.